Pages Menu
TwitterRssFacebook
Categories Menu

Posted by on Apr 29, 2015 in News |

Existing Internetwork and Future Plan MPLS FASILKOM

Existing Internetwork and Future Plan MPLS FASILKOM

MPLS_ILKOM_

 

Saat ini Tim ICT sedang mengembangkan jaringan MPLS FASILKOM dan beberapa layanan Apps lainnya. Diharapkan dengan konfigurasi redesign topology ini akan membuat network FASILKOM tangguh dalam meningkatkan reliability dan availability layanan. Focus utama dalam pengembangan ini adalah : (1) ingin mengoptimalkan interkoneksi local node di UNSRI terutama penggunaan content local / Apps antara kampus FASILKOM Inderalaya dan kampus DIPKOM bukit Palembang, dengan memanfaatkan link Metro-e yang besar antara interkoneksi node CICT UNSRI Inderalaya dan Pasca Sarjana Palembang. (2) Interkoneksi ke POLSRI Palembang untuk memperpendek hope dan mengoptimalkan bandwidth local IIX dalam mengakses GGC dan AKAMAI server, selain peluang untuk keperluan pembelajaran (teleconference misalnya) dan berharap dapat private peering BGP. (3) Internet koneksi ke INHERENT beberapa PT yang masih aktif di jawa via ITB, proses permintaan telah dilakukan ke NOC ITB.

Beberapa informasi dari sudut pandang riset tentang Akamai dapat dibaca disini, sedangkan Google Global Cache pengantar awal dapat disimak disini dan tentang Content Delivery Network (CDN) ada disini

Selain itu, riset dengan menggunakan dualstack IPv4 dan IPv6 telah dilakukan dengan mencoba menjalankan dualstack pada beberapa server farm di NOC FASILKOM. Rencana untuk menghubungkan network FASILKOM dengan SSIX (South of Sumatera Internet Exchange) semakin kuat dengan akan dibangunnya Data Center independent di Palembang. Peluang awal dari SSIX ini adalah dapat terbentuk interkoneksi antar perguruan tinggi yang independent di kota Palembang untuk mengembangkan content dan sharing bersama, misalnya transfer credit learning, content GDL atau bahkan sistem plagiarism tugas akhir mahasiswa di Palembang. Disaster Recovery Center / Mirroring site / co-location NS dapat dibuat juga dengan SSIX ini.